Kamis, 31 Juli 2008

Smart Learning

Salah satu indikator guru yang smart atau cerdas adalah bisa menuangkan ide pembelajaran kedalam bentuk tertulis. Untuk artikel kali ini, indikator atau ciri yang lain bahwa guru yang cerdas adalah guru yang bisa membuat bahan ajar mandiri berbantuan komputer.

Jadi ciri lain guru yang cerdas adalah guru yang tidak hanya bagus dalam menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik di dalam kelas akan tetapi bagus juga dalam menyampaikan materi yang berupa bahan ajar mandiri kepada siswa. Bahan ajar mandiri berbantuan komputer menjadi sangat penting dalam memberikan kefahaman tentang suatu materi pelajaran kepada siswa. Hal ini karena siswa bisa menggunakan bahan ajar tersebut untuk belajar secara mandiri di rumah masing - masing dan bisa mengulang - ulang dari beberapa materi yang belum bisa dipahami di dalam kelas.

Lalu apakah semua guru harus pintar dalam menggunakan komputer dan bisa membuat bahan ajar mandiri berbantuan komputer ? Jawabnya tentu saja tidak. Yang terpenting adalah bahan ajar yang sudah biasa dibuat tersebut, di olah lagi menjadi bahan ajar mandiri berbantuan komputer. Untuk pembuatanya bisa dikerjakan sendiri jika sudah bisa dan bisa saja pesan kepada orang yang ahli komputer. Begitu sederhana kan? yang penting adalah tujuan pembelajaran bisa tercapai dan siswa menjadi lebih antusias. Semoga. (...belajar di sekolah virtual)

Tidak ada komentar: